Minggu, 11 Maret 2012

E-Commerce

   Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik) adalah bagian dari Electronic Bisnis. E-Commerce di artikan sebagai kegiatan yang menyangkut konsumen, manufaktur, service providers, pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan komputer. E-Commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang  menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik, perdagangan barang, pelayanan dan informasi secara elektronik. Sistem E-Commerce di klasifikasikan terbagi menjadi 3 aplikasi, yaitu :
- Electronic Markets
        Sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Keuntungan bagi pelanggan adalah terlihat lebih efisien dalam hal waktu, sedangkan keuntungan bagi penjual adalah dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.
- Electronic Data Interchange
        Sarana untuk mengefisiensikan pertukaran data transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Biasa digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakikan bisnis dagang dengan para supplier mereka. Keuntungannya adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
- Internet Commerce
        Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Penggunaan internet sebagai media pemasaran yang terbukti mempunyai keuntungan, antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet, harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan outlet retail di berbagai tempat.

     Transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :
- Transaksi tanpa batas
Dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional, cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam).
- Transaksi anonim
Para pembeli dan penjual dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu satu sama lainnya.
- Produk digital
Produk-produk seperti software komputer, musik, dan produk lainnya yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik.
- Produk barang tak berwujud
Beberapa perusahaan yang bergerak dibidang e-commerce menawarkan barang tak berwujud, seperti data, software, dan ide-ide yang di jual melalui internet.

 
Ferry Setiawan _ Prodigal _ | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger